Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Asus, Acer, Lenovo, HP, dan Dell

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa hampir semua jenis laptop yang beredar di pasaran saat ini sudah dilengkapi dengan fitur koneksi bluetooth.

Fitur tersebut sangat berguna, terutama bagi kita yang ingin melakukan transfer data dengan perangkat lain menggunakan koneksi nirkabel bluetooth.
Selain itu biasanya koneksi bluetooth juga digunakan untuk menghubungkan laptop dengan perangkat lain seperti speaker aktif hingga printer menggunakan koneksi wireless.
Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Asus, Acer, Lenovo, HP, dan Dell
Keberadaan bluetooth ini menjadi sangat penting karena hal-hal tersebut. Namun kadang kala pengguna laptop kerap mengalami masalah yang berkaitan dengan bluetooth.
Misalkan saja para pengguna laptop merk Toshiba, Asus, Acer, Lenovo, HP, Dell, dan lain sebagainya kesulitan saat hendak mengaktifkan bluetooth.
Padahal mereka ingin mengirim file dari HP ke laptop. Lantas bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Berikut kami berikan solusinya.
Oh iya sebelum itu perlu kita ketahui terlebih dahulu bahwa cara mengaktifkan bluetooth di laptop Windows 7 dan Windows 10 sedikit berbeda.
Saat ini OS yang banyak digunakan oleh laptop adalah dua OS tersebut. Karena itu kami akan berikan ulasan cara mengaktifkan bluetooth di laptop Windows 7 dan Windows 10.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 7

Mengaktifkan bluetooth di laptop Windows 7 ntah itu merk Toshiba, Asus, Acer, Lenovo, HP, ataupun Dell sebenarnya bukan perkara yang sulit.
Kita hanya perlu mengetahui di mana bisa melakukan pengaturan bluetooth itu sendiri. Ikuti step by step berikut untuk melakukannya.
Mengatifkan Bluetooth Melalui Control Panel
 

 

  1. Pertama-tama silahkan klik tombol Start yang ada di pojok kiri bawah
  2. Setelah itu pilih Pengaturan atau Control Panel
  3. Cari menu Hardware and Sound
  4. Klik Add Device
  5. Konekkan laptop dengan perangkat lain
Mengatifkan Bluetooth Melalui Taskbar
 

 

  1. Perhatikan ikon yang ada di taskbar sisi pojok kanan bawah
  2. Cari ikon bluetooth lalu klik kanan
  3. Anda bisa menyalakan dan mematikan bluetooth dari sana
Mudah sekali bukan? Bagaimana dengan Windows 10? Sebenarnya cara mengaktifkan bluetooth di Windows 7 dan 10 hampir mirip. Hanya saja lokasinya sedikit berbeda.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 10

Karena di Windows 10 terdapat menu pengaturan atau settings, kita bisa mengaktifkan bluetooth langsung dari sana. Berbeda dengan Windows 7 yang harus melalui control panel.
 
Mengatifkan Bluetooth Melalui Settings
 

 

  1. Pertama-tama silahkan klik tombol Start yang ada di pojok kiri bawah
  2. Setelah itu pilih Pengaturan atau Settings
  3. Cari sub menu Bluetooth, lalu aktifkan

Cara Kirim File Lewat Bluetooth di Laptop

Cara mengirimkan file lewat bluetooth di laptop sangat mudah. Tinggal aktifkan bluetooh di laptop dengan cara yang ada di atas, kemudian kirim file ke laptop.
Jika data yang dikirimkan dari laptop ke perangkat lain, tinggal klik ikon bluetooth, lalu pilih send file, kemudian cari file yang ingin dikirimkan.
Mudah sekali bukan? Jadi anda bisa kirim file menggunakan bluetooth dari laptop ke HP/laptop atau sebaliknya menerima file dari HP/laptop.

Cara Menghubungkan Speaker Bluetooth ke Laptop

 

Jika anda ingin menghubungkan perangkat seperti speaker aktif atau printer ke laptop baik itu laptop Toshiba, Asus, Acer, Lenovo, HP, dan Dell, cukup melalui menu setting atau control panel tergantung OS apa yang anda gunakan.
Caranya cukup masuk ke settings atau pengaturan, lalu pilih add device, dan pilih perangkat yang ingin anda hubungkan. Pastikan bluetooth yang ada di perangkat tersebut juga aktif.

Cara Memunculkan Bluetooth yang Hilang

 

Lantas bagaimana jika bluetooth yang ada di laptop hilang alias tidak muncul? Simak cara mengatasinya di bawah ini.
Sebelum itu perlu anda ketahui bahwa masalah bluetooth yang hilang di laptop bisa terjadi karena beberapa faktor diantaranya sebagai berikut.
  • Driver hilang atau out of date
  • Hardware bluetooth rusak
  • Laptop tidak dilengkapi koneksi bluetooth
Apabila bluetooth hilang disebabkan karena driver. Maka anda harus install ulang driver bluetooth atau update driver tersebut.
Caranya mudah, bisa melalui device manager. Tinggal klik start, lalu ketikkan device manager pada kolom pencarian. Setelah itu temukan ikon bluetooth lalu klik kanan dan pilih update.
Jika anda tidak menemukan ikon bluetooth di device manager, kemungkinan ada dua hal. Pertama driver hilang. Anda harus download ulang dari situs resmi penyedia driver laptop anda.
Tinggal ketikkan saja di google dengan kata kunci “driver bluetooth laptop bla bla bla”. Kedua karena bisa saja laptop anda tidak dilengkapi dengan fitur bluetooth. Untuk memastikannya coba lihat spek teknis laptop anda sesuai merk dan tipe di Google
Dan apabila anda sudah melakukan semua hal tersebut namun tetap tidak bisa. Kemungkinan besar hardware bluetooth anda yang rusak.
Untuk mengatasi masalah ini disarankan untuk membawa laptop anda ke servis komputer terpercaya sekitar lokasi anda.
Demikian info mengenai cara mengaktifkan bluetooth di laptop Toshiba, Asus, Acer, Lenovo, HP, dan Dell baik yang menggunakan Windows 7 maupun Windows 10.

Leave a Comment