Penyebab Komputer atau Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

Penyebab Komputer atau Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya – Mempunyai komputer atau laptop yang cepat kinerjanya pasti sangat menyenangkan bukan? Pekerjaan-pekerjaan Anda juga cepat terselesaikan. Tapi juga sebaliknya, jika komputer atau laptop Anda lemot pasti sangat merepotkan dan akan menghambat pekerjaan Anda.

Di era sekarang ini pastilah tidak sulit jika kita menginginkan informasi tentang apa saja, apalagi tentang cara mengatasi komputer atau laptop yang lemot seperti bahasan pada artikel kali ini. Sehingga Anda tidak perlu mengunjungi tukang servis karena Anda bisa mengatasinya sendiri. Tertarik untuk mencobanya? Berikut ulasannya.Penyebab Komputer atau Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya1. Spesifikasi Komputer atau Laptop terlalu jadul (tidak memadai)

Pastikan sebelum membeli komputer atau laptop, Anda mengetahui dan memahami spesifikasinya sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai salah memperhitungkan spesifikasinya sebab nanti kinerja komputer atau laptop Anda tidak akan bisa maksimal.

2. Umur Komputer atau Laptop sudah terlalu tua

Semakin lama (tua) umur komputer atau laptop pasti kenrjanya juga semakin menurun. Jika Anda menginginkan kinerja yang cepat dan budget memadai, maka sebaiknya Anda membeli komputer atau laptop keluaran terbaru yang spesifikasinya menunjang kebutuhan Anda.

3. Aplikasi dan Program yang terinstall terlalu banyak

Komputer atau laptop keluaran terbaru biasanya sudah terisi aplikasi dan program yang bahkan sama sekali tidak pernah Anda gunakan. Sehingga kerap kali Anda tidak menyadari, dan kemudian Anda mendownload ulang. Hal ini menjadi penyebab komputer atau laptop Anda lemot. Cara mengatasinya dengan meng-uninstall aplikasi dan program tersebut.

4. Serangan Virus atau Malware

Kadang ketika Anda browsing di internet, tanpa Anda sadari virus atau malware menyusup dengan mudahnya ke komputer atau laptop Anda. Virus ini kerap kali berkedok sebagai iklan pada setap halaman web dan mengakibatkan kinerja komputer atau laptop menjadi lemot. Solusinya adalah dengan menginstall antivirus yang sudah terpercaya.

Baca juga : Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7

5. Kerusakan pada Komponen Komputer atau Laptop

Kinerja komputer atau laptop menjadi lambat bisa jadi disebabkan adanya komponen yang rusak, semisal hard disk. Hard disk merupakan komponen yang paling peka diantara komponen lainnya. Contohnya adalah kerusakan bad sector. Bisa Anda lihat disini: http://komputerrakitan.net/cara-memperbaiki-hardisk-laptop-rusak-bad-sector/

6. Menjalankan Aplikasi (lebih dari 1) secara bersamaan

Jangankan komputer atau laptop, manusia saja jika mengerjakan lebih dari 1 tugas secara bersamaan tidak akan bisa maksimal konsentrasi dan hasilnya. Meskipun Windows memang pada dasarnya dirancan untuk mengerjakan aktivitas multitasking (beberapa pekerjaan sekaligus). Misalnya Anda membuka aplikasi Adobe Photoshop, Microsoft Powerpoint, sambli browsing sambil menonton film juga, otomatis komputer atau laptop Anda pasti akan menjadi lemot. Solusi satu-satunya adalah tutup aplikasi yang sekiranya sudah tidak diperlukan lagi saat itu juga, gunakan aplikasi seperlunya sesuai kebutuhan.

Nah, sudah paham kan apa saja yang menjadi penyebab komputer atau laptop lemot? Semoga artikel di atas bermanfaat bagi Anda guna mengetahui penyebab sekaligus solusi mengatasi komputer atau laptop yang lemot. Jangan segan-segan jika ingin berbagi artikel ini kepada teman-teman anda. Silahkan gunakan tombol share sosmed yang ada di bawah ini.

Penyebab Komputer atau Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya | Olga Nitami | 4.5