Cara Mengatasi Blue Screen Pada Laptop Windows 7

Cara Mengatasi Blue Screen Pada Laptop Windows 7 – Pasti Anda pernah kan mendapati layar laptop Anda tiba-tiba layarnya berwarna biru dan muncul beberapa teks yang bahkan Anda sendiri tidak tahu apa isi teks tersebut? Jengkel pasti, atau bisa jadi Anda maah panik. Nah, apa sih sebenarnya layar yang berwarna biru, atau biasanya disebut Blue Screen itu?

Blue Screen, atau biasa disebut Blue Screen Of Death (BSOD) merupakan kesalahan kritis yang terjadi dalam operasi Windows. Blue Screen ini bisa terjadi saat sistem Windows bertemu dengan yang namanya Error STOP. Nah, setelah sistem Windows tadi bertemu dengan Error STOP, maka muncul lah kegagalan kritis yang menjadi penyebab Windows crash atau sederhananya Windows berhenti bekerja. Saat seperti ini, satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah dengan me-restart laptop.Cara Mengatasi Blue Screen Pada Laptop Windows 7Pada artikel kali ini akan membahas tentang beberapa cara tentang bagaimana mengatasi ketika muncul blue screen pada laptop Windows 7. Namun, sebaiknya sebelum mengetahui cara-caranya, kenali terlebih dahulu juga beberapa penyebab blue screen pada Windows 7 Anda.

Penyebab Blue Screen pada Laptop Windows 7

  • Hardware System dan Software System tidak sinkron saat memuat data.
  • File Prosessor mendadak crash atau berhenti bekerja saat memuat data.
  • Dengan kerja memori, input data dan pesan dari parameter Hardware dan Software berhenti mengirimkan pesan.
  • Tegangan yang tidak stabil mengakibatkan kernel stack input dan output mendadak crash atau berhenti bekerja.
  • Memory atau Pin RAM ada salah satu yang tidak bekerja, sehingga menyebabkan Ethread juga mendadak berhenti.
  • Pin Processor tidak berjalan semestinya sehingga Epocess mendadak berhenti juga pada processor.
  • Salah satu file system yang tidak bisa dijalankan mengakibatkan bios data tidak bisa menjalankan Epocess.

Cara Mengatasi Blue Screen pada Laptop Windows 7

1. Scan Malware

Scan antivirus terhadap ancaman malware perlu dilakukan. Hal ini ditujukan agar malware tidak sampai menembus jauh ke Windows. Apalagi jika sudah menembus sampai kernel Windowsnya, maka akan menyebabkan sistem tidak stabil.

2. System Restore

System Restore hanya bisa digunakan ketika blue screen baru saja terjadi. Hal ini bisa mengembalikan keadaan laptop Anda kembali seperti semula. Ketika system restore berhasil, dapat dipastikan bahwa blue screen yang muncul di laptop adalah kesalahan dari software.

3. Install Update Driver

Selalu lakukan update driver pada hardware Anda. Hal ini dikarenakan tingginya prosentase munculnya Blue Screen terletak pada driver. Sehingga penyebab error stop  bisa diperbaiki dengan driver yang selalu up-to-date.

4. Cek Hardisk

Dengan menjalankan perintah Checkdisk, maka bisa dipastikan hardisk terhindar dari kondisi yang buruk. Kondisi hardisk yang buruk bisa menyebabkan munculnya blue screen. Anda bisa juga menjalankan program Defragmentasi guna untuk memastikan kinerja hardisk secara optimal.

Baca juga : Cara Memperbaiki Harddisk Bad Sector

5. Online Diagnostic

Online Diagnostik berguna untuk mengidentifikasi gangguan pada hardware yang bisa memicu munculnya blue screen. Laptop Anda akan discan secara online dan tinggal tunggu hasil yang berupa informasi gangguan pada hardware beserta langkah solusinya.

6. Re-install Windows

Menginstal ulang Windows merupakan cara terakhir yang dapat dilakukan. Dengan cara ini, sistem Windows akan dibangun dari awal dan bisa dipastikan tidak akan ada kerusakan. Sudah cukup jelas kan ulasan informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi Blue Screen pada laptop Windows 7? Semoga bermanfat.

Cara Mengatasi Blue Screen Pada Laptop Windows 7 | Olga Nitami | 4.5